KARIR CEMERLANG MENTERI PENDIDIKAN MUHADJIR EFFENDY YANG MERANGKAK DARI KARYAWAN HONORER

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat pagi dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru seluruh indonesia....
mari simak informasi terbaru republikunews.com berikt ini tentang menteri pendidikan yang baru ternyata adalah mantan honorer yag memiliki deretan karir cemerlang...


Karir Muhadjir Effendy di dunia pendidikan dimulai dari yang paling bawah. Dia meniti karir pendidikan sebagai sebuah karyawan honorer di perguruan tinggi swasta, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dari karyawan honorer inilah, dia merangkak menjadi dosen tetap, Pembantu Rektor III UMM, Pembantu Rektor I UMM, dan pada 2000-2016 menjadi Rektor UMM.

Kini, setelah pengabdiannya bertahun-tahun di dunia pendidikan, pria kelahiran Madiun 29 Juli 1956 tersebut ditunjuk menjadi orang nomor satu di dunia pendidikan. Penunjukkan tersebut rupanya menjadi kado ulang tahun bagi Muhadjir yang ke-60 pada Jumat (29/7/2016) nanti.
Siang ini, Rabu (27/7/2016) sekitar pukul 13.30, Muhadjir rencananya bakal dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Mantan Rektor UMM tersebut akan menggantikan posisi Anies Bawesdan dalam Resuffle Kabinet Jilid II.

Dikutip dari website umm.ac.id, Muhadjir adalah rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelima yang menjabat sejak tahun 2000 hingga Januari 2016. Muhadjir merupakan seorang sosiolog yang ahli di bidang militer dan sekaligus sebagai intelektual muslim. 
Selain mengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMM, Muhadjir juga sebagai dosen tetap di Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Malang (UM).
Muhadjir menyelesaikan studi dan memperoleh gelar sarjana di IKIP Negeri Malang (sekarang UM) tahun 1982. Pendidikan strata 2 diselesaikan di Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dan memperoleh gelar Magister Administrasi Publik (MAP) tahun 1996. 
Tahun 2008, Muhadjir berhasil menyelesaikan pendidikan strata 3 pada Jurusan Ilmu-ilmu Sosial dan memperoleh gelar doktor bidang sosiologi militer di Program Doktor Universitas Airlangga. Selain pendidikan formal, dia juga beberapa kali mengikuti kursus di luar negeri, antara lain di National Defence University, Washington DC (1993) dan di Victoria University, British Columbia, Kanada (1991).

Selain mengabdikan diri di bidang pendidikan, Muhadjir juga dikenal sebagai seorang kolumnis yang banyak menyoroti masalah agama, pendidikan, sosial, politik dan juga tentang kemiliteran. Kemampuannya menulis esai didasari oleh pengalaman sewaktu mahasiswa sebagai seorang wartawan yang membidani lahirnya 'Komunikasi', koran kampus di tempatnya kuliah dan mengajar (UM) dan koran kampus Bestari di UMM. 

Kegiatan sosial banyak dilakukan dengan perannya sebagai pengurus Muhammadiyah mulai tingkat ranting hingga PP Muhammadiyah. Selain itu juga dipercaya menjadi salah satu anggota Badan Narkotika Nasional, Pendekar Tapak Suci, Pengurus HMI, Dewan Penasihat Asosiasi Wartawan Indonesia wilayah Malang Raya, dan bahkan sempat mengabdikan di bidang politik sebagai salah satu Ketua di Dewan Pakar Golkar daerah Malang. 

Hingga saat ini, Muhadjir masih aktif menulis berbagai artikel di beberapa koran lokal/regional. Muhadjir juga sudah menulis banyak buku, antara lain: Dunia Perguruan Tinggi dan Kemahasiswaan bersama Prof. H.A. Malik Fadjar, M.Sc. (1989), Bunga Rampai Pendidikan (1992), Masyarakat Ekuilibrium: Meneliti Perubahan dalam Bingkai Keseimbangan (2002), Pedagogi Kemanusiaan: Sebuah Refleksi (2004), Profesionalisme Militer: Profesionalisme TNI (2008), dan lain-lain. Pada buku terakhirnya ini, Muhadjir menguraikan tentang profesionalisme militer, khususnya TNI, setelah era reformasi.

Muhadjir Effendy yang menikah dengan Suryan Widati, SE.,MSA.,Ak. (dosen Poltek Negeri Malang) kini dikaruniai dua orang putra: Muktam Roya Azidan (Zidan) yang lahir pada 9 Maret 2005 dan Senoshaumi Hably (lahir 9 Oktober 2006).


Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan...
semoga bermanfaat untuk kita semua, baca berita terbaru lainya DISINI




0 Response to "KARIR CEMERLANG MENTERI PENDIDIKAN MUHADJIR EFFENDY YANG MERANGKAK DARI KARYAWAN HONORER"

Posting Komentar